Melayani Pengiriman ke seluruh propinsi se Indonesia. Pembayaran via transfer bank BNI / MANDIRI. Pengiriman Barang via JNE / TIKI. For order, Contact us : Hp/Wa : 082 187 687 818 Pin BB: 2BA4E8BB, SEMUA PRODUK KAMI JAMIN 100 % ASLI, NO REJECT, NO EXPIRED!!
* Harga Yang Tertera = Harga Tetap (Fix).
* Harga Belum Termasuk Ongkos Kirim. Kecuali barang yang ada keterangan gratis ongkos kirimnya.
* Pembayaran hanya melalui Transfer bank Mandiri / Bni.
* Pengiriman Barang Hanya Melalui Jne / Tiki. Sorry, NO COD berlaku mulai tanggal 16 Agustus 2016.

PENTING!
Para pembeli yg terhormat, Sebelum membeli Silahkan Baca Cara Order dan Aturan Berbelanja Di Toko Kami.
Semua yg beli berarti sudah setuju Aturan toko kami dan tanpa paksaan, harap budayakan
MEMBACA SEBELUM MEMBELI. Komplain yg tdk sesuai aturan toko kami, tidak akan dilayani.

Format Order :
Nama Anda, Nama Kecamatan, Nama Barang, Jumlah, Dan Keterangan barang lainnya seperti Paket A/B/C,
Warna,Sachet/Botol, Ukuran Minus/Normal, Ukuran berat (Jika Keterangan Produk Terdapat beberapa pilihan).

Jika tidak sesuai Format diatas maka Maaf sebesar2nya, kami tidak akan merespon pesanan. Tujuan kami agar
semua pesanan bisa kami respon & proses dgn cepat & Kami mengutamakan Pembeli Yg serius akan membeli.

BIG THANKS AND GRATITUDE FOR ALL YOUR CONSIDERATION TO FOLLOWING THIS RULES :)

Order / Ask :
WA / SMS : 082 187 687 818
Pin BB : 2BA4E8BB

Ird Olshop
(Olshop Terpercaya sejak Desember 2010)

>

Cara Memasak Dengan Nutrisi Lengkap Dan Sehat


Memasak sangatlah penting bagi seorang wanita. Memang sih di Zaman sekarang bagi wanita masak tak terlalu penting, tapi sebenarnya masak itu merupakan kewajiban seorang ibu rumah tangga, jika kita menyadari. 
Untuk  Zaman sekarang banyak wanita karir, jadi masak mungkin nomor terakhir. Boleh sih kita jadi wanita karir membantu suami mencari nafkah, tapi jangan lupa juga laksanakan kewajiban seorang istri. Jika anda sekalian sibuk banget dan tak ada pembantu, kami akan menampilkan beberapa tips tentang memasak. 

Sebenarnya memasak itu tidak sesulit yang anda bayangkan asal kita niat, trampil, kreatif dan gunakan ilmu resep memasak, dan terakhir jangan takut bau dan kotor. 
Dengan tips tersebut insya Allah anda akan mendapatkan hasil yang mantap dan enak, memasak sendiri pastilah menambah keromantisan dalam keluarga dan tau akan selera keluarga.

Marilah bersama-sama belajar memasak, anda takut waktu habis untuk masak? Jangan takut karena ada juga resep memasak yang mudah, praktis, singkat waktu dan menghasilkan masakan yang enak. Ingin tahu resepnya baca saja resep-resep masakan yang telah dihadirkan diartikel kami, disitu disediakan resep masakan berbagai macam dari menu bayi sampai menu orang dewasa.

Berikut ada beberapa tips memasak dengan nutrisi lengkap dan tentunya sehat :

1. mengandung gizi :

karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral.1. makanan sehat & bergizi :
·         tidak mengandung formalin, pewarna, pengawet, dan sebaiknya penggunaan dikurangi penggunaan penyedap..
·         sanitasi dan hygenis. sanitasi menyangkut kebersihan dapur dan alat-alat masak..terutama penggunaan spons harus kudu sering diganti dan dikeringkan., karna bibit penyakit bisa cepat berkembangbiakdalam kondisi basah . hygienis menyangkut kebersihan pribadi/ si pemasak misalnya cuci tangan sebelum masak, .rambut diikat atau di tutup dengan topi koki, kuku kudu bersih.

contoh :
·         cara memasak sayuran agar tetep bergizi cuci bersih sayuran, kemudian potong2. pada saat memasak gunakan tutup panci agar kematangannya sempurna dan sebaiknya jgn terlalu matang soalnya vitamin dan protein tidak tahan panas.
·         Untuk menghindari risiko terkena kanker, terlebih dahulu merendam daging dalam campuran bumbu yang diberi minyak zaitun. Dicampur pula perasan air jeruk sebelum dipanggang. Kedua cara itu dapat mengurangi pembentukan senyawa kimia HCA dan PAH dalam tubuh.
·         Lebih sering mengolah makanan dengan cara memanggang dan menggunakan oven. Sebaiknya minimalkan memasak dengan cara menggoreng.
·         jika terpaksa menggoreng, gunakan minyak yang sehat, seperti; minyak jagung, minyak sayur atau minyak zaitun. Gunakan juga jenis minyak tersebut untuk menumis.
·         Sesekali masaklah makanan dengan cara dikukus atau di rebus.
·         Ketika mengolah daging ayam, usahakan buang kulitnya, atau pilih daging sapi muda yang tidak banyak mengandung lemak
·         Mengetahui cara memasak agar bebas lemak dan kolestrol serta menyeleksi jenis makanan yang dikonsumsi.
2. praktis

“‘praktis dan mudah‘” cocok banget neh buat temen2 yg “‘kos’”ers atau yg lagi sibuk. intinya masak cepat beres. Padahal masak masakan Indonesia kaya akan bumbu dan rempah-rempah perlu banyak waktu khan kebanyakan prepperingnya lama, musti diulek-ulek.. direndam.. diremas-remas dan ribet lagi… timing is everything!.

Tapi ga usah khawatir sekali lg masak itu gampang..jd pasti ada lah resep2 yg praktis dan mudah seperti : mie goreng, bihun goreng, sop, omelet, tumisan, ceplok telor, salad, spagheti.tumis ikan filet, teriyaki.



3.Murah dan hemat
murah pasti dilihat dari harga nya dunk. tapi sebenernya menurutku yg penting memanfaatkan bahan yg ada. sekali jangan terpaku resep pokonya bikin inovasi sendiri dengan bahan yg ada. Jangan menumpuk bahan makanan kan jadinya mubadzir.

misal kita mo bikin spaghetti tp ga ada daging ya gunakan bahan yg ada misalnya tuna atau jamur. karna kalo kita terpaku dengan resep asli brarti kudu menyediakan waktu dan dana. dan kalo stok makanan ditumpuk juga ujung2nya kebuang kan mubadzir.

apabila kita masak berlebih tapi dah bosen dengan menu tersebut bisa dibikin 2 cara masukkan ke dalam freazer atau dioleh menjadi menu yg berbeda. kan hemat tuh..



4 .makanan enak
Enak itu artinya pas komposisi dan rasa. intinya cocok dilidah. jadi enak itu bersifat relatif. Yang penting masak juga butuh mood dan pengaruh banget terhadap rasa.

5. trik masak cepat dan cepat :

·         Mengetahui teknik dasar memasak. Masak itu menyenangkan, tidak percaya? Di sini Anda bisa bereksperimen soal campuran bahan dan bumbu. Tapi dengan syarat, teknik dasar memasak harus sudah Anda kuasai. Seperti menggoreng, mengupas bahan dan tahu nama-nama bumbu.
·         Buat planning kira2 apa yang mau dimasak seminggu. trus bikin list belanja dan kudu taat dengan list yg kita bikin biar hemat.
·         Pembelian dan persiapan bahan : Jumlah bahan disesuaikan dgn kapasitas kulkas dan freezer. 

1) daging dan ayam : iris2 daging sesuai dgn menu planning kita dan bungkus per porsi masak. Dapat menggunakan bekas take away plastic box atau dgn freezer plastic bag. Tandai bungkusan tsb dgn jenis daging dan tanggal pembelian. Bumbui daging dan ayam, contohnya bisa dibumbui dengan sedikit kecap asin + bawang putih, kecap asin + manis + merica + bawang putih, kecap asin, madu, merica + bawang putih atau terserah yang mau memasak. Untuk ayam kalo pengen cepat masaknya beli yg filet. 
2) Untuk ikan : belilah ikan segar yg udah di bersihkan, cuci bersih dan bumbui, masukkan freezer. atau kalo males ribet gunakan ikan filet. 
3) Untuk sayuran beli 3 hari segali agar lebih segar kecuali kol, paprika, wortel, terong, labu. lebih tahan lama. 
4) Untuk bumbu. biar keliatan sepele tp penting bgt kalo ga ada satu bahan bumbu bisa mengurangi mood masak apalagi rasa. apalagi kita disini jauh dari warung tetangga..kurang garem aja kudu ambil sepeda trus pake baju lengkap. Jadi sediakan bumbu umum misalnya bawang bombay seger, bawang putih segar, garam, merica, gula pasir, bumbu powder. kalo ada waktu seh bikin stok rempah2 segar yg udah dipotong-potong seperti lengkuas,jahe, serai.


Kalau mau buat bumbu sendiri, terutama bumbu utk masakan Indonesia, buat yang banyakan dan simpan di kulkas. Bisa ngikutin resepnya Rudi Choirudin tuh. Utk penyimpanannya, taruh sedikit minyak dipermukaannya spy bumbu tdk teroksidasi oleh udara dan bakteri/jamur lebih susah berkembang biak.

·         Awali dengan resep yang paling mudah. Saran ini cocok bagi yang belum pernah ‘terjun’ ke dunia memasak. Begitu Anda berhasil dan sukses, hari berikutnya Anda akan ‘ketagihan’ untuk kembali mencoba resep lainnya yang setingkat lebih sulit. Resep yg paling mudah nasi goreng, orak arik, sop, tumisan sayuran / ayam/ ikan/ daging.
·         Selalu menggunakan bahan makanan yang segar. Jangan harap masakan Anda bisa diacungi jempol jika yang diolah adalah sayur yang sudah seminggu di kulkas dan bumbu yang sudah lama disimpan. Sebab aroma dan rasa bahan sudah berkurang
·         Jangan mau menjadi budak buku resep. Sebagai pegangan memasak, buku resep memang sangat perlu untuk panduan. Tapi bukan berarti Anda tak boleh bereksperimen sesuai selera. Jika tidak suka kol, Anda bisa menggantinya dengan sawi. Jika anti pada merica, sah-sah saja jika Anda menggantinya dengan cabe
·         Siapkan bahan dan bumbu yang akan diolah pada satu tempat. Cara ini memudahkan Anda untuk mengolah makanan tanpa harus ada bahan yang tertinggal.
·         Jatuh cinta pada pandangan pertama. Artinya, saat disajikan, penampilan makanan harus bisa mengundang selera lewat mata. Jadi, jangan lupakan hiasan dan wadah yang tepat untuk menyajikannya.

6. Tips memasak

·         Kalau anda membutuhkan banyak bawang putih, ada cara cepat utuk mengupasnya hingga tak menyita waktu banyak. Caranya, panaskan bawang putih dalam microwave selama 10 detik. Hasilnya, kulit bawang akan langsung terkelupas atau Mememarkan bawang putih : Tekan pisau pada bawang (tidak perlu dikupas kulitnya), setelah memar, kulit bawang akan terlepas dengan mudah

·         Cincang halus bawang putih : Dengan alat khusus : Bawang putih dimasukkan dalam tempat khusus yang bagian bawahnya berlubang, lalu tekansaat merebus udang, agar bau udang hilang, masukkan daun seledri segar kedalam panci.

·         Agar pie yang akan dipotong tidak hancur, banyak tertinggal di talenan, dan mudah diambil, sebaiknya bungkus pie terlebih dahulu setengahnya.

·         Jika membutuhkan hanya setengah dari bawang bombay, sebaiknya agar sisanya bertahan lebih lama, potong secara horizontal dan simpan bagian yang ada akarnya.

·         Agar potongan buah dan kacang menyebar rata di dalam adonan cake serta tak menggumpal di bagian bawah cake, taburi dengan tepung sebelum dimasukkan ke dalam adonan.

·         Selalu kupas daun letuce lembar demi lembar. Jangan pernah memotongnya dengan pisau karena akan terasa pahit.

·         Jika memasak mi atau beras, agar airnya tidak tumpah keluar, tambahkan sesendok makan mentega atau minyak ke dalam air rebusan.

·         Pastry yang diolah dengan menggunakan air dingin akan menjadi renyah. Sebaliknya jika memakai air panas, akan menggumpal.

·         Untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat ketika mengolah salad, sebaiknya oleskan terlebih dahulu dengan mayones sebelum mengisi mangkuk adonan dengan sayuran atau bumbu lain.

·         Ingin menghias cake dengan cara mudah? Pertama-tama gambar pola di atas cake sesuai keinginan dengan bantuan tusuk gigi. Lalu ambil botol kecap/sambal yang kosong, isi dengan gula berwarna, dan semprotkan perlahan-lahan di atas pola gambar yang sudah dibuat dengan bantuan tusuk gigi tadi.

·         Telur rebus akan semakin mudah dikupas jika begitu matang langsung diangkat dan diletakkan di mangkuk berisi air dingin selama beberapa menit.

·         Gunakan bumbu-bumbu beraroma tajam (misalnya lengkuas, daun jeruk, serai, daun kemangi, jahe) saat memasak kerang. Tujuannya untuk mengurangi bau amis kerang.

·         Untuk Menambahkan keju atau topping lainnya sebaiknya dilakukan setelah makanan matang, agar tidak keras atau malah lembek.


Bila perlu, dimasak lagi selama 1 menit pada suhu panas sedang agar topping menyatu dengan makanan


Memasak dengan microwave

ini untuk temen2 yg aslii sibuk banget. bisa juga lho masak dengan bantuan microwave

misalnya : dadar telur, nasi, mie, telor rebus, sop, ikan filet.

syaratnya : 

Potonglah bahan makanan kecil-kecil agar cepat matang

Untuk masakan berkuah, kurangi airnya sepertiga dari ukuran normal, karena penguapan di dalam microwave tidak sebanyak seperti memasak menggunakan kompor.

Pilih tempat meletakkan makanan yang berukuran lebih besar dan khusus untuk microwave.


Sumber  :  Nisa multi, popunews.com



ARTIKEL LAINNNYA:





















Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Barang Yang Diminati